Mobil Sport Ikan Lele dari Mazda MX-5

Created on Sunday, 03 February 2013 Published on Sunday, 03 February 2013
User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 

Lele

Rumah modifikasi baru bernama Bauer Limited Production dari Amerika Serikat, perkenalkan hasil karya perdana mereka dengan nama Catfish. Kalau dalam bahasa Indonesia berarti ikan lele. Mobil ini hasil rancangan bersama modifikator Ron Hemphill, Tony Woodford dan Dave Green’s.

Tiga modifikator ini menggabungkan ide pemikiran mereka menjadi satu bentuk mobil sport kustom yang unik. Tony Woodford berasal dari AWR Racing dan Dave Green’s dari DG Motorsports.

Mobil sport ikan lele ini dibuat dengan menggunakan dasar Mazda MX-5 atau dikenal dengan sebutan Miata. Mobil jenis Roadster ini dipilih karena mobil dua penumpang dengan atap terbuka yang memiliki distribusi bobot dengan perbandingan 50:50. Selain itu juga merupakan mobil sport yang ringan dengan harga terjangkau.

Sesuai dengan namanya, konsep desain Catfish juga sangat mirip dengan badan lele dengan bagian kepala meruncing dan pipih. "Catfish merupakan produk mobil baru karena tidak lagi menggunakan asli Miata, menurut kami tidak diperlukan," beber Bauer.

Bagian eksterior yang diubah meliputi kap mesin, bagasi, pintu, bumper, atap, rangka, sistem suspensi, lampu depan dan seluruh interior mobil. Bahkan, untuk sasis asli Mazda MX-5 yang menggunakan model unibody diubah strukturnya menjadi gaya mobil rally Dakkar.

Konsep utama dalam membuat mobil ini adalah menciptakan struktur body yang kokoh dengan bobot seringan mungkin. Tapi, Bauer sang modifikator tetap mempertahankan handling mobil yang mantap dan lincah. Hasil modifikasi ini menghasilkan bobot Catfish hanya 680 kg atau lebih ringan 317 kg dari standar Mazda MX-5.

Untuk sektor mesin masih belum diketahui yang dipergunakan apakah mesin MX-5 berkapasitas 1.6 atau 1.8 liter. Namun mobil Catfish ini diklaim mampu melaju lebih cepat dibanding standar Mazda MX-5 sendiri. Hal ini karena penyaluran tenaga ke rodaterdukung dengan bobot mobil yang jauh lebih ringan.

Desain Catfish pertama kali digambar oleh Greg Tada, mahasiwa lulusan Art Center College of Design di Pasadena, saat ini bekerja sebagai desainer di Suzuki Amerika. Tada mengaku, terinspirasi dari bentuk ikan lele dan mewujudkannya pada mobil.

"Jika dilihat dari tampilan desain wajahnya akan sekilas ada kemiripan dengan supercar asal Inggris Aston Martin atau juga Jaguar. Tapi saat dilihat dari bagian belakang menyerupai Triumph dan lampu ala Ferrari. namun semua ini adalah identitas mobil Catfish," beber Bauer.

Mobil Catfish hasil modifikasi unik dari Mazda MX-5 ini akan melakukan debut perdananya di SEMA Show, Las Vegas, Amerika, akhir Oktober 2012. Pada waktu yang bersamaan nanti, sang modifikator juga akan mengumumkan harga yang akan dibanderolnya. - Mazda Bandung

Hits: 1315