Mazda Siapkan Mobil Balap Irit Bermesin Diesel

User Rating: Rating StarRating StarRating StarRating StarRating Star / 1
PoorBest 

1

Florida - Ketimbang performa yang dihasilkan, hemat bahan bakar selalu menjadi fokus dari kebanyakan sedan kelas menengah. Namun Mazda sepertinya ingin menggabungkan keduanya lewat Mazda6 bertenaga diesel.

Mobil balap Mazda6 besutan ini mungkin bukanlah mobil balap pertama bertenaga diesel, tapi setidaknya Mazda berhasil menempatkan teknologi mobil balap dengan bahan bakar diesel pada sebuah mobil sedan penumpang.

Diwartakan DigitalTrends, produsen asal Jepang ini akan menyiapkan Mazda6 dengan tenaga diesel Skyactiv-D besutan terbaru Mazda dalam ajang Rolex 24 Hours di sirkuit Daytona, AS pada 26-27 Januari 2013.

Mesin balapnya akan didasarkan pada mesin diesel 2,2 liter Skyactiv-D yang menjadi andalan versi Eropa dari Mazda6. Mesinnya akan menggunakan blok mesin standar, tetapi akan mendapatkan katup baru, piston, connecting rods, dan dijejali dengan pelumas khas mobil balap.

Mazda tidak mengatakan berapa banyak tenaga yang dihasilkan, teteapi mobil balap Mazda 6 ini memiliki target untuk dapat mencapai 400 tenaga kuda. Mesin Skyactiv-D standarnya hanya menghasilkan 173 hp dan 310 pound-feet dari torsinya.

Skyaktiv adalah nama yang digunakan Mazda untuk teknologi mesin hemat bahan bakar dengan penggunaan diesel yang sangat rendah dengan rasio kompresi 14:1 untuk desain transmisinya.

Mazda akan menyiapkan tiga mobil di Daytona. Mobil balap bertenaga diesel relatif jarang terdengar, tapi keputusan Mazda untuk menempatkan mesin diesel balap di sebuah sedan penumpang membuat teknologi balap telah bergerak ke arah yang baru.

Dalam beberapa tahun terakhir, Mobil balap Audi yang dijejali mesin diesel dan diesel hybrid telah mendominasi balapan adu ketahanan mobil Le Mans 24 Jam. Kredit Mazda CX 5, Mazda 2 Hatchback, Biante, Mazda 6 Bandung

Teknologi mesin diesel pada Mazda6 adalah teknologi modern yang digunakan untuk balapan, dan itu berarti pengalaman Mazda dalam versi balap dari Mazda6 akan lebih mudah diterapkan lagi pada mobil penumpang lainnya. - Mazda Bandung

HOT NEWS!!! Promo Diskon Mazda CX 5, Mazda 2 Hatchback, Biante, Mazda 6 Bandung

Sumber : INILAH.COM,

Hits: 2119