Mobil baru kembaran Ertiga dirombak ulang

Created on Saturday, 09 March 2013 Published on Saturday, 09 March 2013
User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 

Mobil Baru Kembaran Ertiga Dirombak Ulang 20130218182121

Mazda VX-1 sulit dipungkiri sebagai kembaran Suzuki Ertiga. Walau kepastian akan kemunculannya masih rahasia dan diapit rapat oleh Suzuki dan Mazda. Tak sedikit yang menilai bahwa desainnya kontan sama. Tak ada yang terlalu spesial dalam hal perubahan pada Mazda VX-1.

 

Alih-alih daripada mengeluh, muncul ide dari seseorang bernama Iswahyudi Hanafiah soal desain Mazda VX-1. Melalui halaman desain pribadinya di www.idhuy.deviantart.com, Iswahyudi yang kesehariannya menjadi desainer grafis serta doyan fotografi dan videografi ini mencoba mendesain ulang bagian bumpernya.

Andai saja pihak Mazda mau melakukan riset dalam pengembangan bagian mukanya saja (walaupun pasti hal tersebut memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit). Minimal desain ulang pada bumper depan maupun belakang serta grill nya, mungkin Mazda VX-1 ini akan terlihat sedikit berbeda dari Suzuki Ertiga. Sayang hal ini tidak dilakukan oleh Mazda.

Ia lantas memberi perbandingan Mazda VX-1 lama dengan hasil desain ulang bagian bumper, meliputi bumper bagian depan, rumah fog lamp, serta grillnya.

Mazda%20VX 1%20 %203

"Ini untuk mendapatkan kesan Mazda, yang sesuai dengan produk Mazda lainnya yang terkenal dengan slogan Zoom-Zoom," tekannya.

Sekilas, Iswahyudi mengeliminasi lekukan garis sambungan yang pada Ertiga meluncur dari kap ke area kanan-kiri grille dan berakhir di rongga bawah atau air dam. Selain itu, air dam-nya pun jadi lebih besar karena garis-garis yang aslinya berjumlah empat, kini menjadi lima, dan mengentalkan kesan sporty.

Ketiadaan garis itu membuat Mazda memang membulat dan lebih identik dengan mulut-mulut saudaranya seperti MPV Mazda8 atau hatchback Mazda2.

Area fog lamp pun model sarang lebah dan berbeda dibandingkan Ertiga yang punya semacam alis tepat di atas lampu kabutnya. Lalu, grille yang cenderung membosankan itu diubah menjadi ala sarang lebah juga sehingga lambang krom Mazda jadi menonjol.

Tak hanya itu, Iswahyudi pun memberi semacam pilihan varian atau mungkin aksesoris pilihan antara grille dengan bingkai krom. Atau serba legam yang juga menjorok pada kesan untuk anak muda. Kredit Mazda CX 5, Mazda 2 Hatchback, Biante, Mazda 6 Bandung

Sekali lagi, Mazda-Suzuki juga belum memberi informasi soal perbedaan lain termasuk yang tidak kelihatan seperti mesin. Apakah dari Mazda sendiri, atau malah mesin yang sama dengan Ertiga. Namun, selayaknya, desain dari Iswahyudi bisa jadi inspirasi. - Mazda Bandung

HOT NEWS!!! Promo Diskon Mazda CX 5, Mazda 2 Hatchback, Biante, Mazda 6 Bandung
Sumber: Otosia.com

Hits: 2248