Platform Mazda CX-5 digunakan Mazda3 dan Mazda6

Created on Thursday, 07 February 2013 Published on Thursday, 07 February 2013
User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 

Cx

Selama bertahun-tahun Mazda dan Ford saling berbagi tidak hanya platform kendaraan, tapi juga mesin dan bahkan tim desainer. Saat ini, Mazda sedang berada dalam momen peluncuran produk terbaru yang merupakan hasil dari tim engineering mereka sendiri. Mazda CX-5 menggunakan basis yang benar-benar baru dengan teknik produksi Mazda terkini dan teknologi SKYACTIV andalan mereka saat ini.

Mazda telah mengkonfirmasi, jajaran lini produk baru mereka kelak yaitu Mazda3 dan Mazda6, yang merupakan versi produksi dari Takeri concept, akan menggunakan basis yang sama dengan CX-5.

Menurut Hideaki Tanaka, Project Manager CX-5, mengembangkan kendaraan lain berbasis satu model ini bukan merupakan tugas yang mudah. Sebagai model SKYACTIV yang pertama, Mazda CX-5 juga mempelopori cara baru dalam memroduksi sebuah mobil. Apalagi Mazda3 dan Mazda6 kelak akan memiliki lebar dan wheelbase yang berbeda. Kerjasama dengan para supplier pun harus lebih dekat sejak dimulainya proyek ini.

Salah satu tantangan lainnya yaitu penggunaan ultra-high tensile steel sebagai kontruksi dasarnya. Besi ini tidak hanya jauh lebih kuat tapi juga lebih ringan daripada besi biasa.

“Pengendalian (CX-5) sangat baik dengan berbagai kelebihan dibandingkan para kompetitornya,” Ujar Tanaka. Ia menambahkan bahwa jiwa “Zoom Zoom” akan lebih kental dan melekat dari platform masa depan Mazda tersebut. - Mazda Bandung

Hits: 1235